Rabu, 17 Desember 2014

Gnux Application for Graphics Design

Gnux memang dirancang untuk desainer grafis. Sehingga aplikasi-aplikasi yang terdapat dalam Gnux diperuntukkan untuk pencinta grafis secara otomatis tanpa anda harus menginstallnya. Berikut adalah TOP aplikasi-aplikasi Gnux : 

GIMP

GIMP logo
Gimp adalah GNU Image Manipulation Program atau Program Pengolah Gambar GNU . GIMP adalah alat pengolah gambar multi-platform. GIMP adalah singkatan dari GNU Image Manipulation Program. GIMP cocok untuk berbagai pekerjaan pengolahan gambar, termasuk perbaikan foto, penggabungan dan pembuatan gambar. GIMP memiliki berbagai kemampuan. Software ini dapat digunakan untuk program paint sederhana, program perbaikan foto berkualitas tinggi, sistem pemrosesan batch online, produksi massal render gambar, konverter format gambar dll)
Halaman Awal GIMP

Maksudnya multi-platform adalah bisa dijalankan di berbagai sistem operasi. Saat ini GIMP sudah bisa dijalankan di GNU/Linux, Apple MacOS-X, Microsoft Windows, OpenBSD, NetBSD, FreeBSD, Solaris, SunOS, AIX, HP-UX, Tru64, Digital UNIX, OSF/1, IRIX, OS/2 dan BeOS. 

INKSCAPE

Inkscape Logo
Inkscape adalah sebuah software vektor editor grafis mirip dengan Adobe Illustrator, Corel Draw, Freehand, atau Xara X. Apa yang membuat Inkscape berbeda adalah penggunaan Scalable Vector Graphics (SVG), standar berbasis XML W3C terbuka, sebagai format asli.


Inkscape sendiri dimulai pada tahun 2003 sebagai garpu kode proyek Sodipodi. Sodipodi, dikembangkan sejak tahun 1999, itu sendiri didasarkan pada Raph Levien Gill (Gnome Application Ilustrasi).






Tampilan Inkscape


Garpu dipimpin oleh tim dari empat mantan pengembang Sodipodi (Ted Gould, Bryce Harrington, Nathan Hurst, dan MenTaLguY) yang mengidentifikasi perbedaan atas tujuan proyek, keterbukaan untuk pihak ketiga kontribusi, dan ketidaksepakatan teknis sebagai alasan mereka untuk forking. Dengan Inkscape, mereka mengatakan mereka akan memfokuskan pengembangan pada penerapan standar SVG lengkap, sedangkan Sodipodi pengembangan menekankan menciptakan tujuan umum vektor editor grafis, mungkin dengan mengorbankan SVG.

MYPAINT

MyPaint Logo
MyPaint adalah aplikasi paint multi Os di gunakan pada os linux, keluarga linux lainya ( ubuntu, kubuntu, linuxmint dll) atau di OS windows. aplikasi MyPaint sangatlah kumplit lebih kumplit dari aplikasi paint biasa, lebih mirip seperti alat pelukis digital.




Tampilan MyPaint

MyPaint menyediakan “kertas gambar” yang relatif luas, hampir seluas layar monitor yang digunakan (hanya dikurangi sedikit di bagian atas untuk menampilkan toolbar berisi tombol-tombol pintas untuk mengaktifkan berbagai fungsi gambar). Toolbar ini pun bisa disembunyikan untuk memaksimalkan ruang gambar.

Meski terkesan aplikasi “mainan”, ternyata feature yang disematkan pada MyPaint tidak main-main. Untuk pemilihan warna saja, MyPaint menyediakan feature color sampler yang memungkinkan Anda memilih warna-warna yang cocok satu sama lain, misalnyawarna-warna yang bersifat analog dan komplemen.

Bukan itu saja, “kuas” yang disediakan oleh MyPaint pun memiliki ragam yang banyak, mulai dari pensil, pulpen, kuas cat air, spidol, dan lain-lain. Bahkan motif yang bisa digoreskan pun bermacam-macam.

Hebatnya lagi, MyPaint mendukung penggunaan layer, sesuatu yang biasanya hanya ada pada pengolah gambar profesional. Sedikit disayangkan, MyPaint hanya mendukung tiga format gambar saja, yaitu OpenRaster, PNG, dan JPG.

RAW THERAPEE

RawTherapee Logo

RawTherapee atau “The Experimental Raw Photo Editor” adalah aplikasi “raw image processing” lintas platform dan Open Source yang dirilis mengadopsi lisensi GPLv3. Dikembangkan oleh Gábor Horváth asal Budapest, Hungaria, utamanya menggunakan bahasa pemrograman C++ disamping GTK+ front-end dan dcraw. RawTherapee merupakan salah satu raw converters pertama yang tersedia untuk sistem operasi Linux yang menyediakan antarmuka grafis GUI yang memadai.

 
Tampilan RawTherapee

RawTherapee menerapkan konsep “non-destructive editing” seperti pada umumnya digunakan untuk software konversi lainnya. Pengaturan atau perubahan yang dilakukan oleh pengguna tidak langsung memodifikasi obyek image, melainkan hanya menyimpan semua parameter dalam sebuat berkas setting, sementara efek perubahan bisa langsung dipantau di jendela pratampil. Perubahan berkas sebenarnya dilakukan dalam sebuah proses export (atau ‘save’ di RawTherapee). Semua proses internal berlangsung dengan resolusi warna 16 bits/channel. 

PINTA IMAGE EDITOR

Pinta Logo

Pinta image editor adalah salah satu aplikasi pengola gambar pada linux, aplikasi ini sangat sederhana dan mudah untuk di gunakan, cocok bagi anda untuk menjadikan sebuah alternatif pengganti photoshop. Pinta dibuat dengan tujuan menyediakan aplikasi ringan untuk membuat atau mengedit gambar yang bisa menjadi alternatif dari The GIMP.

Pinta adalah aplikasi image editor yang terinspirasi oleh Paint.NET. Pinta dibuat dengan tujuan menyediakan aplikasi ringan untuk membuat atau mengedit gambar yang bisa menjadi alternatif dari The GIMP. - See more at: http://www.tahutek.net/2010/09/ubuntu-pinta-aplikasi-pembuatpengedit.html#sthash.Tx0mvabb.dpuf


Tampilan Pinta
Kelebihan Pinta terletak dari penggunaan Cairo dan GTK Libraries. Cairo merupakan kemampuan olah grafis dua dimensi yang cukup diandalkan. Sedangkan GTK liberaries merupakan kemampuan aplikasi untuk terhubung pengguna windows.
Selain itu, pinta diperkuat pula dengan fitur macam multiply layers dan history. Kedua fitur ini memudahkan pengguna ketika mericek kembali hasil editan.
Adapun fitur lain yang ditawarkan dari Pinta, tools yang biasa terdapat pada Photoshop seperti paintbrush, pencil, shapes, eraser dan selections, serta fitur adjustments dan efek seperti invert, sepia, black and white, dan auto level.

XARA XTREME

Xara Logo
 Xara Designer merupakan aplikasi web-graphics yang powerfull dengan menggunakan vector ataupun bitmap images. Xara Xtreme ini merupakan alat grafis yang cepat namun kuat, ilustrasi dan vektor berbasis program gambar. Program top-notch cocok untuk proyek-proyek ilustrasi, compositing, web grafis, gambar teknis, kartun dan animasi.  

Tampilan Xara Xtreme

Xara Xtreme mendukung warna CMYK untuk cetak, nol-memori mengedit bitmap dan 32-bit alpha channel bitmap. Anda dapat menggambar dengan pen tool, cepat fungsi bentuk, editor bentuk atau tekanan-sensitif alami Media sikat atau membuat bar navigasi, terbaliknya atau peta gambar dan ekspor gambar Anda sebagai web grafis dioptimalkan. Dengan alat foto baru, Anda juga dapat meningkatkan gambar berbasis bitmap dan foto, tanaman atau memutar mereka tanpa meninggalkan program. Anda dapat menambahkan bayangan, transparansi, dan efek bulu-bulu bevels untuk objek bitmap atau vektor berbasis.

KOLOUR PAINT

KolourPaint Logo
Kolourpaint adalah aplikasi grafis sederhana untuk membuat dan menyunting gambar. Melihat fungsi-fungsi yang ditawarkan demikian pula tampilannya, aplikasi ini serupa dengan Paintbrush atau Paint di Windows. Dalam proses penciptaan gambar, perangkat lunak tersebut menyediakan alat-alat yang mirip digunakan untuk melukis, seperti cat semprot, pensil, kuas dan sebagainya.



Tampilan KolourPaint
Aplikasi ini memiliki berbagai alat seleksi, bentuk poligon dan geometris lainnya, alat menggambar untuk garis lurus dan kurva, palet warna khusus, pemilih warna, pengisi, kuas cat, semprotan, kuas dan pensil.
KolourPaint juga memiliki beberapa alat untuk mengedit, mengubah ukuran, membalik atau memutar foto. Tersedia pula banyak efek yang dapat diterapkan ke foto-foto seperti menghaluskan, membuat timbul, menyesuaikan warna atau deformasi.

Dengan demikian, KolourPaint adalah utilitas yang ideal untuk mereka yang ingin aplikasi editing grafis yang lebih mudah digunakan

0 komentar:

Posting Komentar